Friday, September 5, 2008

aku (nggak) bangga jadi orang Indonesia

berhubung baru 17 Agustusan, topik2 nasionalisme banyak diomongin di TV n majalah. salah satunya di Kick Andy.

biasanya g jarang nonton Kick Andy, soalnya emang bukan penggemar TV gt.. hehe.. nonton ya nonton apa yg lagi ada aja, ga yang sampe khusus nungguin buat nonton acara tertentu gt.. hehe..

kmrn ni pas lagi nonton, ada Kick Andy, disitu dibahas ttg nasionalisme. tp unik juga, n bikin g malu sekaligus mikir hehe..

jadi, Kick Andy kali itu tuh ngebahas nasionalisme tapi dari sisi bule2. maksudnya, orang2 bule yang justru lebih peduli sama Indonesia, daripada org indonesia sendiri.

awalnya, ngebahas ttg bbrp bule yang care sama kelestarian suku traidisional Indonesia. ada yang sampe tinggal di Papua, tinggal di pelosok2 gitu karena saking cintanya sama budaya lokal sono. dan ga cuma itu, mereka juga bawa budaya lokal k negara asalnya, bwt dipromosiin di luar negeri. ada juga yg translate literatur2 jawa ke bhs perancis.

ada juga bule yg peduli banget sama kelestarian alam di indonesia. kl ga salah di daerah sulawesi ato sumatra gt.. yg di jawa jg ada kl ga slh.. mereka juga menghabiskan hidupnya di daerah situ, spy bener2 bisa do something bwt menjaga kelestarian hutan.

kalo orang indonesia peduli sama alamnya sendiri, itu wajar. tapi kalo bangsa lain yg peduli sama alam n budaya indonesia? gue sih malu banget pas nonton itu..

ironis ya.. bangsa lain, yang bukan bertanah air disini, justru peduli sama indonesia. malah orang indonesia nya sendiri yang ngerusak tanah air sendiri.

g jadi ngebayangin, kalo ini dibikin film, dengan setting alam dan budaya indonesia, orang2 bule yang jadi "pahlawan" penyelamat alam dan budaya indonesia, tapi orang2 indonesia sendiri yang jadi orang jahatnya. kalo balik ke jaman penjajahan, orang bule2 ini yang jadi pejuangnya, n org2 indonesia yg jadi penjajahnya. aneh kan? ironis, tapi itu bener dan kenyataan. sadly but true.

nggak cuma itu, di Kick Andy juga wawancara ttg 1 org bule yang udah sangat indonesia. ngomong indonesia nya fasih banget, namanya pun udah jadi nama indonesia. dan dy punya orang tua angkat di indonesia.

si bule ini sayang banget sama ortu angkatnya, dy bener2 respek sama mereka.

yang paling bikin malu ya, waktu itu c bule ditanya, "apa sih keinginan u yang terbesar?" dan dia bilang, " g pingin banget bisa jadi warga negara Indonesia. gue bangga banget jadi orang indonesia. gue ga mau pindah ke negara lain, gue cuma mau tinggal di indonesia. plis Allah (i guess he is a moslem), kalo boleh, gue pengen banget jadi warga negara indonesia, karena gue cinta banget sama indonesia"

....speechless...

gue bener2 speechless... malu sekaligus terharu denger itu... ya ampun.. ternyata ada ya orng bule yg bener2 pengen jadi warga negara indonesia, tp org indonesia sendiri malah rebutan bwt dapet PR (permanent residence) di luar negeri.

emang sih, indonesia banyak kekurangan. banyak kejadian yang memalukan. tapi, gimanapun itu kan bangsa dan negara kita sendiri. malu nggak sih kalo yang berjuang buat indonesia justru orang2 yang bukan warga negara indonesia? malu nggak sih kalo ternyata yang cinta budaya lokal indonesia itu orang2 asing yang rela jauh2 buat ngeliat budaya tradisional, sedangkan kita sendiri "anti" budaya n menjunjung modernitas ala barat?

dunia kayanya udah kebalik..

dulu g jg salah satu org yang anti budaya lokal n tradisional. tapi blkgn ini g br sadar, kekuatan kita ya budaya lokal kita yang beraneka ragam itu. dan ternyata, budaya lokal kita itu keren banget loh. dari segi desain, mereka bisa buat something yang unik dan beda2, ga seragam ala modernitas di barat.. dan jangan salah, budaya lokal, kerajinan tradisional itu mahall banget loh.. segala sesuatu yang handmade kan lebih mahal daripada yang mass production.. kemaren ini, di pameran produk lokal di JCC, g ngeliat 1 kemeja batik yang harganya 1 jt lebihhh.. ya ampun.. but i guess it's worthed, karena itu kan batik yang dibuat handmade, n ga gampang bwt itu.. see...our traditional culture n product is equal with even worthed than those mass production product..

ayo cinta produk lokal!! ayo cinta budaya indonesia! ayo bangga jadi orang indonesia! ayo do something buat Indonesia!

kalo bukan kita, siapa lagi? haruskah orang2 bule itu yang berjuang untuk indonesia?

.......jangan tanya apa yang udah di berikan negara kepadaku, tapi tanya apa yang sudah kuberikan untuk negara dan bangsaku....


written on august 22, 2007

1 comments:

Vanya Alessandra said...

haiss, quotes by JFK... i like this quotes so much..

Post a Comment