Sunday, December 14, 2008

drunken guy and woman on the street, what will u do?

kemaren ini nonton oprah, awalnya ga sengaja sih, tapi ternyata menimbulkan inspirasi buat nulis blog.. hahahaha

karena ga ikutin dari awal, gw ga gitu ngerti awalnya, tapi kira2 oprah kali itu ngebahas tentang reaksi orang2 kalo diperhadapkan sama masalah kasus tertentu, dan ngeliat tingkat kepedulian masyarakat sana (yang jelas di USA, tapi ga tau tepatnya dimana)


here is the case,
if there is a drunk guy (about 20 something--err.. actually im not good to predict someone's age hehe) at the street, in the middle of the day, and he is going to drive,. what will u do?



i think, kalo kejadian di jakarta, reaksi orang2 adalah..(at least, reaksi gw adalah) who cares? mind your own business.. rite? ato gw nya aja yang terlalu egois ya? haha.. tapi gw rasa, kalo di jakarta, bukan sesuatu yang sangat membahayakan kalo seorang mabok mau nyetir, terutama karena itu bukan urusan kita.. salah2, malah dianggep kepo ngurusin urusan orang.. betul?

then, gimana reaksi orang2 di amerika sono? orang2 barat terkenal dengan individualisnya kan? so, seharusnya mereka ga peduli donk, ngeh aja mungkin ga..

well, i was wrong..

ternyata, eskperimen membuktikan kalo mereka peduli. mereka berusaha dengan berbagai macam cara buat melarang that guy buat nyetir.. mulai dari menawarkan bantuan, sampe cerita tentang anaknya (or siapanya lah) yang meninggal gara2 nyetir saat mabok, dan dia bilang sama si cowo, "gue ga mau kejadian kaya gitu nimpa elo..gue aja yang ga kenal sama elo mau peduli sama elo. seharusnya lo lebih peduli sama diri lo sendiri"

keren ya? gw sampe terharu sendiri nonton nya.. ngeliat orang2 saling peduli satu sama lain, even sama orang yang ga dikenal, itu suatu hal yang sangat mengharukan.. so sweet.. hahahaha...


eksperimen kedua...

if there is a drunk woman with her children, and going to drive, what will you do?



ini masalah gender sih, kurang lebih, tapi ternyata hasil eksperimen menunjukkan kalo orang2 lebih cepet ngeh, dan lebih ga ragu2 buat ngelarang si cewe buat nyetir. kalo di eksperimen pertama, orang2 notice tapi agak ragu2 dan hati2 buat bertindak, di eksperimen kedua orang2 lebih responsif. mungkin karena ada faktor si cewe lagi bareng anak2, i think orang lebih cenderung peduli sama anak kecil.. (ini asumsi gw).

beberapa bapak2 langsung deketin cewe itu dan setengah maksa untuk ngelarang cewe buat nyetir. kalo di eksperimen yang cowo, orang2 bertanya, "can i help you?" or "do you need some help?", di eksperimen kedua, begini respon orang2, "Ma'am, you re not going to drive on that condition".. see what i mean with "setengah memaksa"?

dan begitu bapak2 itu ngedeketin si cewe, ga lama orang2 lain pada kumpul, buat ngeliat apa yang terjadi, dan mereka juga ambil bagian dalam ngelarang tu cewe buat nyetir. jadi, kaya terbentuk tim kecil dengan misi yang sama : ngelarang seorang wanita mabok dengan anak2nya- yang mereka ga kenal sama sekali- supaya dia ga menyetir. satu orang dari bapak2 itu ngambil kunci mobil si cewe, supaya dia ga bisa ngotot buat nyetir.. wah, kok keren ya.. sangat amat peduli.. padahal, itu bukan urusan mereka..


entah kenapa, tayangan itu berkesan banget buat gw.. terkesan karena ternyata di negara barat yang notabene sangat individualis, ternyata masih ada orang2 dengan tingkat kepedulian tinggi. kalo gitu, harusnya kita di negara timur, apalagi yang -katanya- merupakan bangsa yang ramah, lebih peduli daripada orang2 bule itu kalo dihadapkan pada situasi yang sama. ya nggak sih?

tapi, miris rasanya, gw ngebayangin kalo kejadian itu terjadi di jakarta.. what will happened? gw sih skeptis ya ada orang2 yang segitu pedulinya sampe ngelarang2 orang ga dikenal yang lagi mabok buat nyetir.. apalagi sampe ngotot ngelarang.. yahh.. gw masih bisa membayangkan kalo 1-2 orang yang coba berbuat baik dengan ngingetin orang yang mabok itu, tapi kalo tu orang ngeyel, gw rasa si orang baik ga akan segitu ngototnya..


sedih aja ngebayanginnya.. padahal kan indah banget ya kalo satu sama lain saling peduli, walo ga kenal...

yahhh.. ga tau juga sih, apa gw nya aja yang terlalu skeptis dalam menilai ya.. hehhee



-amadea

6 comments:

Isyana said...

Kalo gw rasa sih, orang sini juga bakal peduli n ngelarang orang mabok tadi, De. Gw sendiri sih kalo ngeliat kaya gitu bakal berusaha jg kayanya, tapi mungkin dgn cara minta tolong satpam gitu (kan sereeeemmm gw cewe...kalo diapa2in gimana?!).
N kalo lu liat acara2 reality show gitu di TV (dulu ada yg namanya Tolong), orang Indonesia gak segitu apatisnya kok. Jangan terlalu skeptis ah... hehe

Btw kok jadi amadea in focus?

fny_w said...

klo menurut gw c bukan masalah peduli de, selain karena di sana mungkin minum2 itu dah biasa, tapi karena kesadaran mereka terhadap bahaya mabok itu lebih tinggi, jadi mereka ngeh klo mabok itu bisa bikin kecelakaan. mabok + nyetir = celaka.

sementara klo di sini, klo ngeliat orang mabok--apalagi siang bolong-- pasti pikirannya malah "ih..ada orang ga bener..", jadi boro2 ingetin atau berusaha menghentikan, malah pengennya menghindar jauh2 karena takut dipalakin...hahaha...

Anonymous said...

haha..kl ada orang mabok pasti gue akan menjauh bo,,tar die knapa-knapa gue yang urusan..lagian disini orang stress kan jarang yang dilampiaskan dengan mabok..i mean yang stress itu bener2 uda stress..

bener spt si fenny bilang krn budaya di amrik kn beer itu uda sperti coca cola disini..en fungsinya memang krn disana dingin jadi untuk menghangatkan tubuh..emang kalo dalam jumlah banyak bisa membuat efek mabok/lupa akan segala permasalahan sejenak da bikin rileks..

but above all, mungkin yang u tulis cuma contoh kasus aj untuk ngetes seberapa care orang thd orang lain..dan menurut gue masih ada kok orang baik di jakarta yang care sama orang..mungkin jumlahnya ga banyak..tapi satu kebaikan yang kita buat sama orang mungkin aj bisa membuat die berbuat kebaikan kepada orang lain

so start with yourself to do one good thing to others today..^^

(lho kok jd panjang)

fny_w said...

jadi inget film Pay It Forward, seritanya seorang anak kecil berbuat kebaikan ke orang lain dengan balasan orang itu harus berbuat satu kebaikan ke orang lain, dan kebaikan itu harus diteruskan ke orang lain lagi..such a great movie...

amadea said...

iya sih, gw rasa orang indo juga punya kepedulian, tapi dengan caranya sendiri ya...tapi mungkin ga dengan ngedeketin orang mabok, n ngelarang dia nyetir yaa hahahahaha

Donny Go a.k.a Gosal said...

Klo di Amrik krn mrka biasa jln kaki, jd bs tuh papasan sm org kyk gtu. Penataan Kota jg pengaruh sih (klo di Indo, apalagi JkT kan uda taw kyk gmn.. semrawut).

& coz in Indo (mayoritas) pkrn org dipenuhi dgn maksud buruk & pkrn curiga.. Klo ada org (tulus) berbuat baik, psti dicurigain & timbul pkrn "nih org psti ada maunya".. Ato adapun org yg berbuat baik dgn mksd buruk, hingga saat dia pun suatu saat ditolong/dibantu dlm mslhnya, dia pasti akan curiga.. Akhirnya trjdlah hbgn timbal balik, yaitu saling CURIGA.. Walo ga smua brmksd "U dibalik B" sih..

Utk mslh diatas:
1) Drunken guy -> biasa mabok tuh mlm. Nah.. gw udah di rmh tuh jd ga taw deh, paling bsknya br liad di TV klo emang apez (amit2) kecelakaan.. even ada yg mabok siang, mo ktmu dmn gw?!?

2) Drunken woman -> emang di Indo ada ya ibu2 mabok (siang/mlm) nyetir sambil bawa anak??

Klo subuh cwo mabok nyetir sambil bawa cwe br byk.. ^^

Yg utama, sblm lu peduli sm org lain, apakah lu udah peduli sm diri lu maupun org2 terdekat lu??
Klo blm, lu ga bs care to others.. Pokoknya klo mo helping sum1 or do sumtin, yg psti2 aja dah.. niat & tulus getoh!

(maaf klo ada slh kata) GBU

Post a Comment