Saturday, March 20, 2010

cinta atau "cinta"?

waktu bangun tidur pagi tadi tiba-tiba terngiang-ngiang lagu "How Deep Is Your Love?". mungkin karena keseringan dengerin CD lagu dari cowo saya, yang salah satunya ada lagu itu.

saya jarang ingat sama lirik lagu, (kecuali lagu-lagu tertentu). tak terkecuali lagu how deep is your love ini, saya cuma ingat sebaris kalimat itu aja yang terus terngiang-nginag dari pagi tadi sampai sekarang


cinta itu gombal.

saya pernah blogwalking / baca novel yang penulisnya bilang gitu.
waktu baca itu, saya sih ga percaya. saya pikir gombal itu mah cuma buat orang-orang tertentu aja yang gombal darisananya. tapi setelah ngalamin sendiri, dan setelah mengamati kelakuan orang-orang yang lagi berbunga-bunga dan jatuh cinta, saya rasa statement itu ada benernya juga :)

orang lagi jatuh cinta, baik itu cewe maupun cowo, cenderung akan melebih-lebihkan perasaannya. menurut saya,orang yang paling objektif sekalipun, orang yang paling rasional sekalipun bisa jadi gombal ketika berhadapan dengan cinta. makanya ga heran semua lagu cinta itu gombal haha.

sebenernya apa sih yg disebut gombal? well, for me, gombal berarti melebih-lebihkan sesuatu, termasuk perasaannya. kalau boleh dianalogikan, misalnya sebenarnya kadar rasa sayang kita hanya 50%, tapi karena sedang jatuh cinta, kita bisa beranggapan dan bilang kalo rasa sayang kita 1000%. misalnya sebenarnya kita baru mengenal dia 30 %, tapi karena jatuh cinta kita bisa menganggap kita sudah sangat mengenal dia luar dan dalam, 100 %.

gombal bisa juga berarti royal dan boros dengan kata-kata cinta, kata-kata sayang, tapi perbuatan dan pembuktian belum tentu. kata-kata yang cuma ada di awang-awang, indah didengar, tapi belum dapat dibuktikan dan bahkan mustahil diwujudkan.

contoh? banyak. sebut aja judul-judul lagu sekarang ini. semuanya gombal. karena belom dibuktikan, dan bahkan mustahil diwujudkan. ga logis. tapi ya tetep aja, namanya juga lagi jatuh cinta, apalagi cewe, seneng aja tuh denger lagu-lagu gombal hehehe...

saya bukan expert dalam dunia percintaan, and i believe every one have their own love story. tapi saya percaya, rasa sayang yang sesungguhnya bukan cuma ketika suasana hati sedang baik, lagi ga ada masalah, dan semuanya berjalan baik-baik saja. namanya cinta dan sayang justru sebenarnya dapat dibuktikan dari situasi kritis, sulit dan banyak masalah.


"how deep is your love?"


pertanyaan itu hanya dapat dijawab dan dibuktikan dalam masa-masa sulit. seberapa sayang kita sama seseorang, baik pacar, teman, keluarga, akan terlihat di masa-masa yang paling kelam, masa-masa yang paling gelap.

lebih mudah sayang sama seseorang ketika dia seorang yang menyenangan, periang, karismatik, dan punya hidup yang hampir sempurna. tapi hidup bagai roda berputar. ketika seseorang menjadi pribadi yang sulit dihadapi karena begitu banyak tekanan kehidupan, dan masalah yang sepertinya ga abis-abis, disitulah cinta diuji.

seberapa kia mau susah bareng, nangis bareng, mau mencoba mengerti walaupun dirinya menjadi seseorang yang sulit dimengerti, berusaha tetap sabar dan tersenyum walaupun kesabaran itu sendiri sudah di ambang batas, berusaha mendengar keluh kesah yang mungkin seperti tiada akhir dan walaupun masalah sendiri juga ga kalah banyaknya, dan berusaha tetap berada di sisinya walaupun yang lain sudah meninggalkannya. saya rasa, itulah arti cinta yang sebenarnya. ketika cinta itu dibuktikan.


cinta bukanlah cinta ketika cinta itu belum diuji dan dibuktikan


ketika masalah datang bertubi-tubi, disitulah kita bisa membedakan yang mana teman dan yang mana "teman", membedakan cinta dengan "cinta". which one who stick with you during your darkest moments in your life is truly a best friend, and the ones who love you most.

jadi, jangan segitu mudahnya bilang "cinta mati" sama seseorang, tapi buktikanlah "cinta mati" tersebut. (bukan berarti menerapkan secara literal "you die i'll die with you" ya hahaha).

dan satu lagi, gombal boleh, tapi akan lebih bagus kalau kata-kata itu bukan sekedar diucapkan, tapi juga dibuktikan :)


anyhow, buat yang pengen tau, ini dia lirik lagu How Deep Is Your Love?


How Deep is Your Love?

I know your eyes in the morning sun
I feel you touch me in the pouring rain
and the moment that you wander far from me
I wanna feel you in my arms again.

And you come to me on a summer breeze
keep me warm in your love then you softly leave me
and it's me you need to show
how deep is your love

How deep is your love?
I really mean to learn
'Cause we're living in a world of fools
breaking us down when they all should let us be
we belong to you and me
I believe in you

I believe in you
you know the door to my very soul
you're the light in my deepest darkest hour
you're my saviour when I come

And you may not think that I care for you
when you know down inside that I really do
and it's me you need to show
How deep is your love?

How deep is your love?
I really mean to learn
'Cause we're living in a world of fools
breaking us down when they all should let us be
we belong to you and me
I believe in you

uhhhhh

I really mean to learn
'Cause we're living in a world of fools
Breaking us down when they all should let us be
We belong to you and me
I believe in you...

2 comments:

cerita vira disini said...

like this.. =)

lil' melon said...

deaaa..suka banget sama post kamu yang ini..
keep writing dee.. =)

Post a Comment