Sunday, September 14, 2008

the worst feeling in the world : being lonely

did u ever feel lonely? i think all of us did.

gimana rasanya? menurut gue, itu perasaan yang sangat amat tidak mengenakkan.. ga pernah survey which is the worst feeling sih, being broken heart, or being lonely.. yang jelas sih 2-2nya ga enak banget ya..

dan yang paling parah adalah ketika merasa kesepian di tengah keramaian.. ada yang nggak pernah ngerasain? hehe

now i wanna make a confession,

i do feel lonely a lot.. and...maybe i am now..

speaking of the feeling, biasanya sindrom itu menyerang gue saat gue pengen ngobrol, but i have noone to talk to.. ato kalo pun gue berhasil ngobrol, gue ga mendapat respon yang gue inginkan (biasalah, manusia biasanya cuma denger apa yang ingin ia dengar)...atau.. berasa nggak mendapat support seperti yang gue harapkan..

i dunno, sumhow i just feel insecure..

kenapa sih harus ada yang namanya kesepian? apalagi kesepian di tengah keramaian.. isnt it a silly statement? ada 6 miliar orang di dunia (ga tau sih sekarang ada berapa, seinget gue ada 6 miliar hehe) dan sebenernya, ada 6 miliar pilihan orang untuk diajak ngobrol or anything buat ngilangin kesepian..masa dari 6 miliar itu ga ada yang bisa diajak ngobrol?

oke, mungkin itu terlalu berlebihan.. punya temen donk? kalo diitung2, ada berapa orang temen u? hmm.. kalo gue sih, ga tau ya.. sekitar 300 orang, maybe? ada nggak ya? harusnya sih ada..

temen kampus (temen 1 jurusan-semua angkatan, temen aktivis 'sekuler'- non 'sekuler', temen2 jurusan lain, dosen, staff),
temen gereja ( temen 1 genk, temen 1 komisi, temen beda komisi, om tante majelis, pendeta, staff, satpam),
temen kantor ( dari bos, sampe temen2, sampe OB),
saudara2 ( dari saudara kandung sampe saudara sepupu, sampe tante om, oma opa, sepupunya bokap nyokap),
temen sekolah (tk-sd-smp-sma)

hmm.. banyak ya... kalo diitung2, mungkin 500an ada kali ya, kalo dimasukin semua orang yang gue kenal..

dan dari 500 itu berapa orang yang bener2 deket? orang2 yang sering jalan, sering chat, sering ngobrol..

kalo buat gue.. hm... sekitar 20,30-50 orang deh.. dari berbagai lingkungan pergaulan.. dan kalo mau bener2 disempetin, orang2 yang sering gue ngobrol, sering curhat, ornag2 yang bisa gue kategorikan sahaabat (nggak tau sih mereka gimana ke gue).. orang2 yang selalu pertama2 gue hubungin kalo gue ada masalah (sounds egoistic?hubungin kalo cuma ada masalah doank?).. kira2 ada 5 orang.. lebih deh.. 7-8 orang..

seharusnya ya, gue ga perlu merasa kesepian, karena selalu ada orang yang bisa gue telpon, or sekedar chat, or sekedar ngobrol ketika gue pengen ngobrol.. tapi, kenyataannya, tetep aja tuh...

dan, akhirnya gue punya kesimpulan, masalah kesepian bukanlah masalah antara kita, dengan sesama kita.. mungkin itu ada sangkut pautnya, tapi bukan itu intinya..

kesimpulan gue sejauh ini, ketika gue merasa kesepian, berarti ada yang salah antaara hubungan gue dengan Tuhan.. ada yang salah dengan kehidupan rohani gue...

dan, kalo itu inti permasalahannya, sampe kapanpun gue ga akan pernah selesai or 'sembuh' dari rasa kesepian gue, sampe gue bener2 bisa 'rekon' sama Tuhan..

i think i know all the theory (s).. tapi, tetep aja ya.. kenyataannya susah buat ngejalanin nya..

gue tau ko, di saat gue merasa sendiri, gue ga pernah bener-bener merasa sendiri.. dan sebenernya, setiap orang, siapapun di dunia ini ga pernah bener-bener sendiri, selalu ada Tuhan yang bersama dengan kita.. dimanapun kita, dalam kondisi apapun kita.. we'll never be alone..
He always be with us..

gue tau itu semua, tapi fakta itu nggak langsung mengusir kesepian gue.. karena.. gue belum menyelesaikan masalah gue sebenernya.. masalah gue sama Tuhan..

selama ini, ketika gue merasa kesepian, gue selalu mencari penghiburan dari sesama, dari temen-temen dan sahabat2 gue.. mungkin itu berhasil, tapi cuma sesaat..

selalu ada saat2 lagi dimana gue merasa kesepian dan ditinggalkan lagi.. and again, karena gue ga bisa mengandalkan manusia supaya gue bisa happy.. gue ga bisa mengandalkan manusia untuk mengerti gue 100%.. ga akan bisa, dan ga akan pernah bisa..

gue tau, ketika gue kesepian, harusnya gue langsung cari Tuhan, tapi seringkali gue malah memilih untuk mencari temen-temen gue.. yah.. ga heran lah, kalo gue masih bandel gini, gimana bisa selesai masalah kesepian gue hehehehe..

i wonder why God let this happened to me.. and i think i know the answer, because He wants me to look for Him.. Dia ingin gue dateng ke hadapanNya dan mencari jawaban dari Nya.. Dia ingin supaya gue mengandalkan Dia.. dan cuma DIA.. dan selama gue ga mencari jawaban ke Sumber yang bener, gue ga akan pernah puas...

well, gue ga tau gimana gue harus menutup tulisan gue ini... karena gue belum berhasil ngatasin ini, so, belum ada kesimpulan buat gue..

skali lagi, gue tau teorinya, gue tau apa yang harus gue lakukan, tapi gue -entah kenapa- males ngelakuinnya..

complicated, isnt it? (ato emang gue doank yang bikin ribet ya? hehe).. coz, for me, life isnt as simple as black and white..

and now im in a process of being a better me.. and i do believe He works through whatever happenned in my life, to shape me, to make me be a better person.. so, He could work through me to bless other..


dedicated to :
-siapa aja yang lagi ngalamin hal yang sama kaya gue.. hehehe.. well.. keep on fighting ya! hehe
-all my friends, and best friends.. u know who u are.. orang2 yang selalu gue cari kalo lagi ada masalah.. kalo lagi butuh temen ngobrol.. thanks a lot! thanks for our friendship.. really really grateful to have brothers and sisters like u guys...love ya!


14 September 2008,
-Amadea

10 comments:

Nirmala said...

de...hehehe, jadi merasa bersalah kemarin ga mau ditelp sama km. Well, utk kesekian kalianya, KTB cantik sayang km de, hehe.
Cara lain, mungkin dengan ga terlalu fokus ma diri sendiri, dengan lebih memperhatikan orang lain. Dengan begitu, kita bisa merasa diri kita lebih berharga karena bisa do something for others.

rifsa said...

i think that's true De, katany memang ad bagian dalam diri manusia yg cm bisa diisi oleh keberadaanNya.
bingungny, bnyk orang di luar sana yg ga mau mengakuinya ( gengsi? or?...)

God bless.

Anonymous said...

hmmm...pernah terpikir nggak..kadang waktu merasa 'lonely' sebenarnya justru krn kita tidak mau menerima perhatian dr orang lain? entah krn merasa tak nyaman atau krn sebab lain. well,it's just my thought actually =)

Anonymous said...

Carilah kerajaan Allah dan kebenarannya... maka ... semua akan di tambahkan kepada mu...
amin

Gbu

puriwahyudi said...

'lonely' hmm.... ternyata dea juga bisa mengidap yg namanya 'lonely' juga ya..,yup gue jadi inget film "Iam Legend" sekitar kata'lonely' ..gue dari film itu yg masih gue inget cuma lagu bob marley yang judulnya klo gak salah "three little birds" saat dengerin itu gue juga berasa banget pas gue lagi bengong ('lonely').. yg kurang lebih lirik nya begini..

Dont worry about a thing,
cause every little thing gonna be all right.
Rise up this morning,
Smiled with the risin sun,
Three little birds
Pitch by my doorstep
Singin sweet songs
Of melodies pure and true,

God bless.
(It is hoped you could see everything from the other point of view)

Anonymous said...

g jg pernah bahkan sering kok merasakan hal kek gini apalagi setaun dua tahun belakangan..

emang ga enak si..kesepian itu, dan g belajar dari lihat org bahwa se sibuk2nya org, se hectic2 nya, se gaul2nya die..pasti ada saat die merasa kesepian..

mst lo bedain antara sepi dan kesepian..kl sepi memang kadang dibutuhin, kl kesepian ya engga haha..

tp ga ada jeleknya juga kok ngerasa kesepian, postive sidenya kita bisa menghargai orang-orang yang kita punya (keluarga, teman, saudara)

dan satu hal lagi supaya ga kesepian -> ya sibukin diri..banyak kerjaan di kampus kan?? ato nyalurin hobi, ngelakuin hal-hal yang menyenangkan. ikut kegiatan-kegiatan (kan biasa lo sibuk de sampe somse haha)..

trakhir..kl kesepian, buka blog gue dnk..isi2 komen disana hehe

Anonymous said...

deee,,
huhuhu,,g tau knp gw kg lg ngerasain hal yg sama dee,,
sepi bgt rasany,,pdhl rame,,huhu,,
kyk brasa mo nyerah gt de,,
smangat yoo!!

Anonymous said...

Hi dea... baru baca2 blog lu neh...
wah, ternyata lu pernah ngalamin juga ya... iya btul koq, ngrasa kesepian itu ga enak bgt... hihi... tp klo gw pikir2, kita harus ttp bisa survive meskipun harus bertarung sendirian. ya mgkn diliat sisi positif nya aja ya... hehe...

besok dateng ke smak3 ga? kumpul2 brg... hoho...

Anonymous said...

aaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhh........................
kepanjangan ah, males bacanya..
wakakakakkakaka

xp.....

ada kita kok, ga sepi la..
gue yang selalu mengejek loe..
huehehehehe...
(asusmsi dari membaca judul..kikikik)

Vanya Alessandra said...

de, lagi baca2 artikel lama lo nih, gue memutuskan memulai dari arsip terakhir hahahah..

anyway, lucu ya, gue lagi nulis tentang ini loh, loneliness...

skrg lo ga ngerasa gini lagi dong :)

Post a Comment