Wednesday, January 6, 2010

oleh-oleh dari pengalaman pertama ikut tour

Happy new year guys! cepet banget ya, tau-tau udah 2010 aje, padahal postingan terakhir gw bulan oktober! ckck..

neway, how's ur year end holiday? liburan akhir tahun kemaren gw dikasih kesempatan jalan-jalan sama Tuhan ke HK-Macau-Shenzen. Walo bukan pertama kali liburan ke luar, tapi ini pertama kalinya gw liburan ikut tour. ternyata ikut tur enak ga enak ya, tergantung tur nya juga mungkin.. so, ini dia senang sedih nya ikut tur, menurut versi gw tentunya haha..


1. enaknya ikut tur, udah ga usah pusing soal tiket pesawat, nginep dan check in di hotel, transport di negara tujuan (kecuali mau jalan-jalan sendiri), makan.. kalo ada masalah ya tinggal complain aja haha..you know, punya kambing hitam buat disalahin itu kadang-kadang menyenangkan di saat situasi menjadi di luar kendali. kadang si kambing hitam itu bisa bikin kita ga menyalahkan diri sendiri.

2. ikut tur bisa bikin nambah kenalan dan koneksi. you'll never know whom you're gonna meet. kalo kebetulan ketemu orang-orang yang asik, ga suka complain, ga rewel, kooperatif, dan on time sih for sure u'll have a great holiday time.. tapi ya jadi rese kalo ketemu orang-orang 1 tur yang aneh-aneh, suka ga on time, suka ngeluh, rewel, dll dll.. ikut tur kaya tiba-tiba kita punya temen sekelas yang bakal bareng kemana-mana untuk beberapa hari ke depan, dan disitu kita harus belajar toleransi tanggung jawab dan belajar sabar. yah, kalo egois dan semau-mau sendiri mah repot, bisa disindir, diomelin yang lain.. haha..

3. ikut tur, kadang bikin ga berasa di luar negeri. dikelilingin sama orang-orang indo juga yang berbahasa indo dan bertingkah laku khas orang indo, apalagi dengan tur guide yang juga berbahasa indo, bikin kita serasa jalan-jalan ke luar kota doank, bukan ke luar negeri. apalagi kalo selama di negeri orang itu kita ga jalan-jalan sendiri, ga berinteraksi sama orang lokal, dan cuma bareng-bareng tur. wahh.. ga berasa di luar negeri deh..

4. ikut tur belajar berarti belajar sabar dan toleran. pergi liburan bareng orang yang sebelumnya ga kita kenal bisa jadi disaster, harus banyak-banyak sabar dan bisa maklumin kelakuan orang lain. termasuk kelakuan tur leadernya. kalo dapet tur leader yg sigap dan gesit mngkn enak, tapi kalo dapet tur leader yang plegmatis (no offense buat orang2 plegma haha),ga tegas dan ga sigap..yaa... nasibnya bisa-bisa kaya gw, kebanyakan nunggu. nunggu di imigrasi, nunggu orang-orang tur yg ga ontime, dll. tapi enakny tur leader ky gini, dia ga pusing diomelin ato di complain, teteup aja senyam senyum dan cengar cengir.. yah paling ga, ga pake acara sebel-sebelan dan marah-marah..

5. ikut tur kemungkinan besar berarti cuma mengunjungi tempat-tempat 'pasaran' yang pasti dikunjungi turis-turis. let's say, kalo di Shenzen pasti ke window of the world, splendid china, kalo ke macau pasti ke st.paul's ruin, kalo ke HK psti ke disneyland, avenue of star, the peak, dll dkk.. tempat-tempat dimana turis turis banyak berkumpul, pasti rame, dan pasti mahal barang-barangnya. haha.. kadang itu menyenangkan, tapi kadang kesannya jadi pasaran, ga nyoba tempat-tempat baru dan unik, yang ga semua orang pergi dan ga semua turis tau. makanya,manfaatin free time semaksimal mungkin. (kalo gw, akibat free time yg sangat dimaksimalkan, jadinya kurang tidur, kurang makan, kurang minum berhari-hari ahahaha..pokoknya jalan-jalan no.1, sisanya bisa menyusul hahahaa).

6. enaknya ada tur guide, bisa tanya-tanya tentang budaya lokal, tentang sejarah, tentang tips-tips wisata setempat, makanan rekomendasi, dll. tapi ini tergantung inisiatif tur leader yang mau cerita, atau tergantung inisiatif kita buat tanya.. haha.. paling ga, kalo tiba-tiba bingung soal bahasa, tinggal tarik tur leader buat back up kita hihihi..

7. ikut tur bisa jadi latian angkat beban..karena angkat angkat koper sendiri, nyeret2 koper, bawa-bawa tas sendiri, jadinya sekalian olahraga deh.. di sisi lain, kalo ga mau repot, harus belajar gimana cara bawa barang yg efektif, spy ga banyak bawaan..

8. ikut tur berarti liburan bareng dan 'hidup' bareng orang-orang segrup selama beberapa hari, jadi kita bisa belajar banyak soal budaya dan kebiasaan masing-masing. beda suku beda aturan, paling keliatan dari cara makannya. kadang-kadang lucu aja ya ngeliat cara makan orang yang beda-beda..haha.. ujung-ujungnya, bisa jadi belajar toleran..


to be honest, gw kurang puas dengan service dari jasa tur yang gw ikutin waktu liburan kemaren. tapi ya itu dijadiin pelajaran aja, minimal buat mikir ulang kalo mau pake jasa tur itu lagi hehehe.. dan sebagai tambahan, banyak pengalaman yang berharga dan bisa jadi bahan buat nulis blog deh! haha..

1 comments:

Anonymous said...

waaahh ceritanya :) Jadi mau kesana lagi,
Saya pernah pergi kesana menggunakan. http://www.permatagroup.co.id
Bersyukur banget di berikan fasilitas dan layanan yang memuaskan.

Post a Comment