Wednesday, June 30, 2010

Love you or love me?


"Aku sayang kamu",

bukankah itu berarti aku sayang dirimu, dengan seluruh keberadaanmu, termasuk semua kekurangan dan kelebihan, latar belakang keluarga, keanehan sikap dan perilaku, dan keajaiban pemikiran;

bukankah itu yang namanya sayang sama kamu, apa adanya kamu?

jika tidak demikian, maka seharusnya "aku" berkata,

"aku sayang sama perhatianmu, sama selera humormu, sama kharismamu, tapi, aku nggak sayang kalau kamu lagi cuek, nyebelin, terlalu idealis, atau terlalu dominan";

jika tidak demikian, "aku sayang kamu" kurang tepat,

karena kata "kamu" seharusnya mencakup kelebihan dan kekurangan, keseluruhan diri, bukan hanya memilah-milah kondisi dan sifat dari "kamu"

ketika bilang "aku sayang kamu", berarti "aku" bilang "hei kamu, walaupun kamu kadang nyebelin, cuek, terlalu idealis, atau terlalu dominan, aku bisa menerima dan mau mendampingi kamu"
Tetapi sayangnya, seringkali yang terjadi tidak demikian,

"aku sayang kamu" memiliki makna tersirat, "aku sayang kamu kalau kamu baik sama aku, perhatian sama aku, mau ngertiin aku, tapi kalo kamu lagi nyebelin, aku nggak sayang sama kamu."


then, kalo kaya gitu, "aku sayang kamu" atau "aku sayang aku"?


ketika si "aku" dibuat tak nyaman, marah, dan emosi oleh si "kamu" (sengaja ataupun tak sengaja), bisakah kata-kata "aku sayang kamu" bisa tetap terucap dengan sepenuh hati?

ketika si "kamu" tak berbuat seperti yang si "aku" inginkan, begitu mudahnya keluhan dan omelan keluar dari mulut si "aku", bahkan semudah ketika si "aku" mengucapkan "aku sayang kamu"

atau, ketika ego si "aku" sudah terusik, maka semua kata sayang dan cinta yang pernah terucap hilang entah kemana, yang ada hanyalah pertanyaan "Kok kamu gitu sih?" yang sebenarnya bisa berarti, "kok kamu ga mau ngertiin aku sih? kok kamu ga seperti yang aku harapkan sih?"


Aku, aku, aku, dan aku...

Jika semua tentang "aku", apa arti dari "sayang" dan "kamu" sesungguhnya?



it's easy to talk the talk, but can you really walk the walk?


1 comments:

Vanya Alessandra said...

love is sharing, isn't it? well, i think to walk the talk, we do need sacrifice something, whether it's our ego or our time or anything.

anyway, the most important question is, can you? :D

Post a Comment