Monday, October 18, 2010

dream killer and mood ruiner

Saya suka sebel kalo lagi asik-asiknya cerita2 berkhayal, terus dipotong dan "ditarik" ke kenyataan.

Misalnya,
Me : "Asik kali ya kalo pergi rame-rame ke Singapore, trus main-main ke universal"
Dream killer : " Kapan coba waktunya? Emang bakal dikasih lagian?"

*ini cuma contoh, bisa benar, bisa ga, karena saya sendiri udah lupa kejadian real nya hehe

Kira-kira kaya gitu. Lagi seru-seru ngebayangain pergi rame-rame, heboh-hebohnya, ribet-ribetnya, tiba-tiba mood nya langsung drop karena respon yang tidak diharapkan. Such a dream killer. Menyebalkan. Objektif sih boleh, tapi kalo terlalu objektif ya menyebalkan juga.

atau misalnya,
Me : Eh, kalo misalnya lo jadi dia, lo bakal gimana? Kira-kira gimana ya rasanya jadi dia?
Mood ruiner : Yaelah, kan gw bukan dia, ngapain juga dipikirin

*lagi-lagi ini cuma contoh, yang saya sendiri ga yakin dengan kebenaran peristiwanya haha

Kalo yg ini bukan dream killer, tapi mood ruiner. Lagi seru-seru mau ngebahas sesuatu, mau melihat suatu masalah dari sisi berbeda, berbagi pendapat dan opini, eh lagi-lagi responnya menyebalkan. Kalo udah kaya gini biasanya saya langsung diam, malas melanjutkan.

Ternyata kalo ngobrol juga perlu "chemistry" ya. Topik tertentu hanya bisa dibicarakan dengan orang tertentu. Ada orang yang emang bisa diajak berkhayal, mau berkhayal apapun dijabanin, tapi di sisi lain ada juga orang yang tanpa disadari menjadi "dream killer" ato "mood ruiner", padahal sih niat mereka ga gitu. Paling yang ada di pikiran mereka cuma ga mau kita (saya) berkhayal terlalu tinggi, nanti jatuhnya sakit, ataupun basically emang males mikir kalo emang jelas-jelas ga mungkin kejadian. (sampe kapanpun kita ga bakal jadi orang lain kan? hehe)

Saya pikir, cuma cewe yg suka berkhayal macem2, ngobrolin macem2, mikir macem2, tapi ternyata cowo juga bisa kaya gitu loh. Contoh nyatanya, bokap saya sama si mr. boyfriend.
Dan ironisnya, kalau dipikir-pikir ternyata saya juga seringkali jadi "dream killer" ato "mood ruiner" buat mereka.

My lovely Dad, orangnya suka ngomong cuma sekedar ngomong, dan berubah pikiran dalam hitungan detik (yang ini kayanya nurun ke anaknya haha). Untuk contoh simple, mau makan dimana? Sepanjang jalan dia bisa berubah berapa kali. Misal, liat resto A dia bilang, "Eh makan di sini aja yuk, kayanya enak", tapi ga berhenti. Jalan beberapa meter, tiba-tiba dia inget resto B, "Kalo ga makan di resto B aja ya? " masih tanpa berhenti. Dan kejadian ini berlangsung terus sampe pada akhirnya kita makan di resto Z. Bisa juga dia bikin planning macem2, liat mobil bekas, pengen beli mobil bekas buat di modif, liat tanah kosong, pengen beli tanah buat bangun kos-kosan, liat mobil jenis tertentu, pengen ganti mobil. Tapi ya itu, cuma ngomong aja, belom tentu beneran dilakukan (dan kebanyakan sih ga dilakukan, cuma sekedar "ingin").

Awalnya, saya excited dengan hal-hal yang ingin dilakukan bokap, ikut terlibat pembicaraan dengan excited, bahkan udah membayangkan ini dan itu, tapi lama-lama belajar dari pengalaman, biasanya kalo bokap udah mulai ingin ini dan itu, saya diem aja, ga komen, males aja karena toh ujung-ujungnya cuma ngomong doank. Tapi, ternyata, saya mungkin udah jadi dream killer dan mood ruiner buat dia. Sama aja rasanya ketika saya lagi ngomong dengan excited tapi dapet respon datar dari lawan bicara. Uh oh. (Cuma bedanya bokap mungkin terlalu cuek untuk bahkan merasa sebal sama saya)

Yang kedua, sama si my boyfriend. Dia suka banget sama Lego, dan dia pernah bilang (baru-baru ini), kalo yang paling dia suka adalah proses nyari-nyari di internetnya, ngeliat-liat (hey boyfriend, correct me if im wrong hehe), dan dia senang kalo ngobrolin soal itu, bahkan walo dia udah plan mau beli 3 dan ujung-ujungnya cuma beli 1, ya dia masih tetep senang. Dan tanpa sadar saya udah jadi mood ruiner buat dia kalo ga nanggepin obrolannya, ato bawel2in dia tentang betapa borosnya beli 3 lego sekaligus (hahaha padahal sih duit ya duit dia juga ya hehe). Coz in the end, he's still realistic and considering his own pocket. But maybe he didnt need me to tell him repeatedly and ruined his mood.

Yah, ternyata siapapun, bahkan seorang pengkhayal seperti saya, bisa menjadi dream killer dan mood ruiner. Ya memang, sekali lagi setiap case akan beda-beda. Ada juga kasus-kasus dimana saya dan bokap dan si pacar yg memang butuh komentar objektif, bukan cuma sekedar dijabanin khayalan dan obrolan ngalor ngidulnya. Makanya perlu pintar-pintar liat kapan si lawan bicara butuh didengerin dan diladenin khayalannya (karena sebenernya dia sendiri udah tau kalo itu sulit dicapai, cuma seneng aja ngebayanginnya -*curcol), dan kapan si lawan bicara memang benar-benar terlalu mengkhayal tanpa menginjak bumi.

ternyata memang susah ya hubungan antara manusia itu, -mau hubungan temenan, pacaran, ataupun hubungan keluarga sekalipun- karena pada dasarnya setiap manusia itu complicated. Mungkin ada baiknya jangan pernah mengambil asumsi sendiri, lebih baik tanya, daripada berasumsi salah dan jadi dream killer ato mood ruiner. Sangat amat tidak enak loh rasanya :)

0 comments:

Post a Comment