Friday, October 22, 2010

Beda Bahasanya, Beda Cara Sayangnya

Tumben-tumbenan ni saya pengen nulis topik cinta-cintaan, abisnya gara-gara ngobrol sama si fivanya, saya jadi terinspirasi deh buat nulis ini :D

Ternyata, gaya pacaran orang memang beda-beda ya; ada yang suka melakukan aktivitas bersama-sama, ada yang prefer buat ga selalu bareng-bareng. Ada yang pengen pasangannya selalu ikut -kalau bisa dalam setiap kegiatannya, baik itu belanja, reunian, main bola, ketemu orang, dsb dsb (yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa pasangan), dan ada juga yang prefer dalam hal-hal tertentu, jika bisa dilakukan sendiri ya lakuin sendiri aja; ngapain ajak-ajak pasangan, ribet.

Sebelum punya cowo, saya menganggap cewe-cewe yang suka nemenin cowonya main bola itu sebagai cewe kurang kerjaan. Ngapain ya musti ditontonin, kaya ga ada kerjaan lain aja, kok maen bola aja cewenya musti ngikut-ngikut. Dan karena saya mikir kaya gitu, saya juga 'bertekad' kalo nanti saya punya cowo, saya ga mau tuh ikut-ikut cowo saya main bola. Mending saya ditinggal di mal, ato jalan bareng temen-temen deh.

Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Setelah punya cowo, dan si cowo juga -seperti cowo-cowo lain pada umumnya- gila bola, saya malah sering nemenin dia main bola. Ironic, huh? hehe. Emang saya masih malas, tapi toh pada akhirnya saya dengan rela hati nonton juga karena berbagai alasan. Karena cowo saya suka kalau saya ikut dan nonton dia main bola dan juga demi kepraktisan; kalau abis itu mau pergi kan udah ga ribet bolak balik jemput saya lagi. Hemat waktu

One of my best friend, si dinong, juga punya cowo yang suka main bola. Tapi bedanya, dalam 3 thn pacaran itu dia ga pernah ikut cowonya main bola (CMMIW ya din). Bukan karena dia ga sayang ato ga mau (well mungkin emang dia ga mau juga haha), tapi lebih karena itu kesepakatan mereka kalo si dinong ga perlu ikut-ikut. Mungkin dari sisi si cowo merasa lebih ga ribet, dan dari sisi si cewe merasa dia bisa ngelakuin hal lain selama si cowo main bola. Toh kalo pun mereka mau jalan setelah itu juga bisa, karena rumah merekapun relatif deket.- Nah kalo saya? Rumah dari ujung ke ujung gitu.

Teman saya yg lain, si melinong juga punya cowo yg suka main bola, dan dia juga sering nemenin cowonya main bola. Kalo yang ini sih menurut saya karena si melinong ini emang pada dasarnya demen bola juga, jadi klop deh hahaha

Ternyata memang gaya pacaran orang beda-beda ya, hal-hal yang dianggap penting satu pasangan bisa saja berbeda dengan pasangan lainnya. Yang repot adalah kalau hal yg dianggap penting si cewe beda dengan hal yang dianggap penting si cowo.

Misalnya aja dalam contoh saya, buat saya kan sebenernya nonton bola ga penting, tapi buat cowo saya dia senang kalo cewenya ikut nonton, nah beda kan? Hal-hal kaya gini simple tapi bisa bikin berantem. (untung dalam kasus saya beda hal yg ini ga sampe bikin berantem hahaha)

Repot ya kalo si cewe dan si cowo punya perbedaan pandangan dalam beraktivitas. Yang satu pengennya bareng-bareng terus, sementara yang lain pengennya ya kalo ga perlu ga usah ikut-ikutan. Yang satu akan merasa ditinggalkan dan ga disayang kalo ga dilibatkan kegiatan pasangannya atau si pasangan ga mau nemenin, sementara yang lain berasa ribet kalo melibatkan pasangan dlm hal-hal yg ga penting. Hal yang kaya gini nih, kalo kata Gary Chapman dalam bukunya Five Languanges of Love sih, "bahasa cinta" nya beda.

Buat yang ga tau 5 "Bahasa Cinta" atau 5 languanges of love, googling deh. Intinya ada 5 "bahasa cinta, yaitu "Quality time", "Words of affirmation", "Physical Touch", "Act of services" dan "Gift"; tiap orang punya "bahasa cinta" nya masing-masing. Ada hal-hal tertentu yang bisa membuat seseorang merasa disayang dan ada yang tidak. Perbedaan "bahasa" ini yang bikin sering berantem, karena"bahasa" nya ga nyambung. Makanya supaya bisa membuat orang berasa disayang, kita harus tau "bahasa"nya mereka. Menurut saya sih teori ini bagus banget supaya bisa lebih kenal diri sendiri dan pasangan, jadi bisa meminimalisir berantem hehe.

Jadi, sedikit tips aja nih, terutama buat yang sering miskom sama pasangannya; googling deh 5 Languages of love by Gary Chapman. Bisa juga googling ttg tes-tes psikologi yg berkaitan dgn itu buat tau bahasa cinta kita yang mana, jadinya kita bisa lebih ngerti diri sendiri dan orang lain. Bisa "menyamakan bahasa" atau minimal "bicara" dengan "bahasa cinta" pasangan. Dan seharusnya sih teori ini bukan cuma berlaku dalam hubungan cinta, tapi bisa juga buat hubungan pertemanan dan keluarga. Karena, yang disayang bukan cuma pacar doank kan? :p





6 comments:

Isyana said...

DINONG@?!?#?@?!?@#?#?R?F?@?!?!!!

Haha, selain 2 alasan itu, gw sih memang prefer kami tetap punya kehidupan masing-masing ya. Gw ikut senang kalau dia punya kehidupannya sendiri bersama teman2 cowonya. Kalo ada gw, ntar dia harus mikirin gw terus, tipe kaya gitu sih dia (kecuali kalo lagi kondangan dan siap berburu makanan, sama sekali ga mikirn gw - curcol hahaha)

amadea said...

hahahaha kan panggilan sayang, dinong :D

hihi dia curcol, kalo lagi kondangan berasa ga pny pasangan ya, ditinggal2 mlulu haha

Vanya Alessandra said...

setelah ribuan kali lo tawarin, sekarang gue mau deh tes si bahasa cinta (dan gue definitely bakal maksa dia tes juga hahaaa) soalnya abis baca ini gue jd penasaran deh ama tesnya..

amadea said...

iya nya, baca deh. it'll help u a lot to understand each other haha. (eh tapi kalo ga berhasil jangan salahkan gw ya! :p)

amadea said...
This comment has been removed by the author.
BENNY-RK said...

ehem2...

Post a Comment