Tuesday, March 29, 2011

Jackie and hoax

Tadi sore, bbm dan twitter rame soal "RIP - Jackie Chan". Coba angkat tangan siapa yang ga dapet beritanya di bbm? Kalo ga dapet sih mungkin situ temennya kurang banyak, ato temen-temennya kurang gaul hehe *rese. Kidding ya.

Tadi sore saya lagi sibuk *tumben, lagi direview sama si bos kerjaannya; jadi waktu seorang teman kasih tau info itu saya ga sempat menanggapi, dan ga sempat menelusuri twitter lebih lanjut untuk dapet informasi lebih detail. Dan setelah sekitar 45 menitan, saya baru bisa nyari info di twitter, dan saat itu sudah ramai berita kalo berita RIP-Jackie Chan itu hanya hoax. Hebat ya twitter, dalam waktu 45 menit aja timeline saya udah rame sama berita hoax nya, dan saya harus menelusuri jauh ke bawah untuk cari tau berita asalnya, yang bikin saya malas dan akhirnya ga nyari tau lebih lanjut asal mula beritanya. Jadi kalo ada yang tanya gimana asal muasal berita itu, maaf ya, saya terlalu malas buat cari tau sumber beritanya :p

Pikiran pertama yang terlintas begitu tau kalau berita itu hoax adalah, kok tega ya orang bikin hoax tentang kematian orang lain? Bukannya ga etis ya bilang seseorang udah meninggal sedangkan dia masih hidup dan sehat-sehat aja? Yah kalau mau cari sensasi juga ko dengan berita kematian ya? rasanya sangat ga etis deh. Jadi kaya 'nyumpahin' gitu ga sih? Sorry to say ya, it's just a personal opinion.

Saya memang ga tau latar belakang berita ini, jadi ga wise juga kalau menilai terlalu dini. Tapi gara-gara kasus ini saya jadi kepikiran tentang hoax in general.

Buat pengguna Bb ataupun twitter pasti sering nemu berita-berita hoax, berita-berita yang di BM (broadcast message) tanpa bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ini contoh yang saya ingat,
1. RIM servernya penuh, so please broadcast this message to make sure that your pin is still active. (Saya lupa persisnya, tapi intinya kaya gitu)
2. Si A butuh bantuan dana untuk operasi, please contact this certain number for further info.
3. Buat yang punya kenalan anak-anak usia sekolah yang tak mampu lanjutin sekolah, please info ke X dari Yayasan Z yang misinya membantu anak-anak putus sekolah.

Itu kira-kira contohnya, berita yang ga tau bener ato ga (karena kadang ga ada sumber beritanya) tapi udah terlanjur disebarluaskan.

3 contoh di atas mungkin masih lebih "mending" dibanding contoh lain yang bikin resah, seperti hoax tentang musibah atau bencana alam. Atau, berita tentang bencananya benar tapi jumlah korban dibesar-besarkan, atau, menyebarkan gambar yang diedit dan diakui sebagai gambar akibat bencana alam tertentu. Hal-hal ini pada akhirnya cuma bikin resah para pembacanya. Bikin ga tenang, bikin panik. Buat apa sih ya bikin berita-berita kaya gitu? Balik lagi ke soal etika, ko ada ya orang-orang yang sengaja ingin memanfaatkan situasi dan malah bikin berita buruk buat memperkeruh suasana? Dalam situasi genting, ga perlu deh tambahan berita hoax yang cuma bikin tambah panik dan emosi.

Yah, emang manusia itu rumit ya, ada aja orang yang mikirnya aneh-aneh, di luar batas etika. Dan kita ga bisa apa-apa buat halangin itu. Yang bisa kita lakukan, dear bb and twitter users, at least be smart. Find out the truth of a broadcast message first before broadcasting to others. Jangan gampang kirim broadcast message, apalagi yang beritanya ambigu, karena pada akhirnya berita hoax ga ada gunanya selain bikin resah orang dan membentuk opini publik yang salah. Karena kita ga bisa cegah pembuat berita, paling ga jadilah kritis untuk diri sendiri, jadi kan kita juga ga gampang dibohongin orang dan broadcast message kan? :)

5 comments:

Anonymous said...

sangat setuju de...kadang2 suka bete sama yg maen asal broadcast tanpa ada konfirmasi jelas...

seakan2 menyebarkan BM / apapun k media elektronik jejaring sosial yg ga bener itu hal yg wajar..

-DaRu-

amadea said...

iya dar, bener banget. kadang bikin rusuh doank ya..

Vanya Alessandra said...

huuuu, bukan temennya kurang banyak atau kurang gaul dongg, tapi temennya gak hobi bm, terutama bm hoax, hahaha (which is bagus banget buat gue, soalnya capeeeee ngapus bm-bm yang gak pernah gue baca juga sebenernya. prefer not to get those bms sejujurnya :D)

NiyaOke said...

Yeap, kadang bingung yah, napa ga tuh gadget canggih-nya dipake wat nyari berita pembanding dari web yg bisa dipercaya, sisi negatif dari jaman makin maju, makin canggih, bikin orang makin malas cari tahu dan ga smart juga ternyata.

amadea said...

@ vanya : hahaa iya sih, kalo temen2nya ga suka BM jadi lebih tenang ya hidupnya hahaha

@niyaoke : iya bener.. makin canggih bikin makin males haha

Post a Comment