Friday, September 17, 2010

Enaknya jadi pengemis di jakarta

Sore tadi, waktu saya berhenti di lampu merah harmoni (dari arah tomang ke arah juanda, itu namanya lampu merah harmoni bukan ya?), saya bertemu dengan segerombolan pengemis. Sekumpulan pengemis di lampu merah emang bukan hal aneh di Jakarta. Tapi ada yang aneh dari sekumpulan pengemis ini.

Mereka ini sekumpulan ibu-ibu muda gendong anak, dan anak-anak kecilnya. Kalo biasanya pengemis terlihat lusuh, sedih, bermuka suram dan memelas (paling ga, mereka terlihat seperti itu), si ibu-ibu muda ini terlihat ceria, segar, dan happy. Becanda-becanda sama temen-temennya sambil berdiri di samping lampu merah. Mungkin saya sotoy, tapi mereka terlihat seperti orang-orang dari daerah yang baru aja datang ke jakarta.

Tapi yang paling bikin saya kaget, salah satu dari mereka dengan hepi nya ngobrol di handphone sambil ketawa tawa. Hello? Ngapain lo ngemis kalo lo bisa beli handphone?? Oke, let's say mereka ga beli, mungkin aja itu HP dikasih orang, ato nemu, ato ngambil, tapi emang murah biaya pulsa HP? Logikanya ya, namanya pengemis kan makan aja susah, sampe harus minta-minta, tapi kalo mereka punya barang kebutuhan tersier kaya handphone itu, buat apa minta-minta lagi? Toh berarti hidup mereka ga sesusah itu kan.

Kesal deh kadang-kadang, banyak pengemis yang menjadikan mengemis jadi profesi. Makin lama makin banyak aja yang ngemis. Makin banyak yang ga mau susah-susah tapi mau dapet duit banyak. Tinggal nadahin tangan, dapet deh duit. Bahkan yg saya denger, pengemis tertentu bisa dapet 300ribu sehari. Man, kalo kaya gitu semua orang juga mau jadi pengemis, ga usah pake lembur-lembur bisa dapet 9jt sebulan.

Pernah juga denger cerita, ada ibu-ibu pengemis yang ditawarin kerja jadi PRT. Dan tau apa kata ibu itu? Dia nolak, dan bilang kalo kerja itu capek, enakan ngemis, gampang. Rasanya pengen marah-marah deh kalo denger kaya gitu. Orang cape-cape kerja banting tulang, lembur, bahkan bercucuran air mata, mereka tinggal nadahin tangan minta-minta. Oh well, kalo udah kaya gitu mereka juga akan bilang, mereka kan juga "kerja", panas-panasan di lampu merah, berjuang sama kekerasan hidup di jakarta. Tapi ya kok mentalitasnya peminta-minta ya? Apalagi yang sampe "bisnis" sewain anak buat dibawa minta-minta. Kok tega ya, menyalahgunakan belas kasihan orang lain untuk kepentingan sendiri? Apa ga malu ya kalo kaya gitu? Apa mereka ga punya sedikit keinginan untuk hidup lebih baik dengan kerja hasil tangan sendiri, bukan minta-minta dari belas kasihan orang lain. Hal ini tentunya berlaku untuk orang-orang yg masih muda, dan kuat untuk kerja, tapi malah milih untuk terlihat memelas dan meminta-minta.

Dan ada lagi yang bikin kesal, banyak orang yg berpikir, karena mereka miskin, jadi kewajiban orang yang lebih mampu untuk membantu mereka. Kewajiban = keharusan. Yang saya tau sih, kalo udah ngomongin kewajiban menanggung orang miskin dan anak jalanan itu tugasnya pemerintah. Kalo ada masyarakat umum yang mau membantu itu murni karena mereka mau nolong aja, bukan karena mereka HARUS. Dan kembali lagi, ketika mereka merasa mereka wajib ditolong, hal itu bikin mereka punya mentalitas yang bergantung sama orang lain. Dan ketika ada orang yang memilih utk ga menolong, ato dlm hal ini, ga memberi sedekah, mereka jadi marah, dan merasa diperlakukan ga adil.

Iya saya tau, ga ada orang yang mau miskin. Tapi mereka kan bisa memilih untuk ga memiliki mentalitas pengemis kan. Mereka bisa berusaha untuk memperbaiki hidupnya dan memiliki harga diri. Bukan malah marah-marah ketika ada orang yang ga mau menolong mereka. Setiap orang kan bertanggung jawab atas hidupnya masing-masing. Oke, emang saya ga tau rasanya hidup seperti mereka, tapi yg saya percaya, Tuhan akan memberkati manusia jika manusia itu benar benar mau usaha untuk bangkit.

Dont get me wrong. Saya ga mengecilkan orang-orang yg jadi pengemis, JIKA memang itu pilihan terakhir mereka untuk bertahan hidup. Tapi saya mengkritisi orang-orang yg MEMILIH utk mengemis, daripada berusaha lebih keras untuk bekerja dan bertahan hidup.

Ini tentang mentalitas seseorang, dan selama bangsa Indonesia punya mentalitas pengemis, selalu berharap sama bantuan orang lain dan menunggu uluran tangan pihak lain, merasa sebagai korban dan pihak yg perlu ditolong, bangsa kita ini akan sulit bangkit. Sampai kapan mau berharap sama bantuan orang lain?




3 comments:

NiyaOke said...

anyway, kalo pengemis jg bnyk pake sindikat, jd ad yg organisir mereka, jadi pengemisnya ditugaskan di daerah mana, dst, mereka jg jdnya nyetor ke bos ini...biasa yah yg muka paling kasian, at cacatnya memprihatinkan yah ditaro di tempat plg rame.., kyk di halte trans dkt daerah kantor gw...pengemis ibu2 pny 2 anak, mgkn bnyk yang kasian, tp malah jd mewah gitu, anaknya pake diapers bermerk, bedak bayi mahal, makan jg kalo gw lewat plg jelek nasi bungkus, maren mala gw liat nasi+fried chicken...

mala ad di daerah mana, pengemis ibu2, sehari omsetnya ratusan ribu-jutaan, tapi dia cm dapet bbrp persen duank, yg gede wat bosnya..

drpd kasi pengemis anak-anak juga, mendingan nyumbang wat anak asuh aja, soalnya anak2 pengemis itu mereka jg begitu digiring ke panti mala kabur, maunya kembali ke jalan biar bisa cari duit yang entah buat apa...buat rokokla, ngelem lah, dsb...

keknya gw anti pengemis banget yah, hehe...kalo pengamen gw masi kasih, ad usahanya...

Live. Love. Laugh said...

iyah,dee..sayang banget kl misalnya org2 banyak yg lebih suka ngemis daripada kerja 'halal' gt yah..
Gw jg kl liat ibu2 yg msh muda dipinggir jalan gt gw suka mikir, mreka kn bs jd prt..ato ga at least jd yg kerjanya cuma cuci gosok gt..
Apalagii..kl misalnya abis lebaran ini banyak org2 dari daerah yg baru dtg bwt jd pengemis baru. Bs tambah banyak pengemis di indo deh >.<
Btw, peraturan pemerintah yg ttg denda kl ngasi duit ke pengemis itu kyanya ga berlaku yh? kl berlaku, mungkin org jd mikir2 kl mau jd pengemis...

amadea said...

@niyaoke : iyah, parah banget ya, pengemis aja udah jadi "bisnis". Anw, gw stuju banget tuh, daripada ngasih uang ke pengemis, mending ke panti, ato kasih ke pengamen yang jelas2 masih ada usahanya. (asal jangan yg ngamen setengah malak, kaya yg banyak di bis2 kota hehe). thanks for sharing! :)

@ellys : ohiya ya, gw jg baru inget ada peraturan pemerintah ttg larangan kasih duit ke pengemis ya. yahh, biasa lah lis, peraturan cuma heboh awal2nya doank, lama2 ilang dengan sendirinya T_T

Post a Comment