Tuesday, September 14, 2010

Kepo itu (bisa) bahaya!

Pernah denger istilah curiosity kills the cat? Walo saya ga ngerti apa dasar 'filosofi' dibalik istilah itu, dan apa kenapa harus kucing (duh!), tapi belakangan saya merasa istilah itu ada benarnya. Keingintahuan berlebih bisa membahayakan. Kepo, bisa mematikan (dalam tingkat ekstrim).

Orang bilang, hidup cuma sekali, jadi cobalah hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Well, ada benarnya, tapi ga sepenuhnya tepat.

Saya orang yang tergolong punya rasa ingin tahu yang gede. Ingin tahu dalam arti saya sering ingin ikut mencoba hal-hal yang dilakukan orang lain. Kalau banyak orang yang melakukan, dan mereka menikmati, saya jadi ingin tau apa rasanya, walaupun sebenernya saya takut. I can do anything just to get the experience and the sensation. Contoh paling gampang, water sport yg butuh keberanian lebih sperti flying fish, extreme ride, bungee jumping (walo belom pernah coba), dan yang terakhir, loncat dari jembatan di pulau tidung. Sebenernya saya agak takut ketinggian, but for the sake of getting that experience and sensation, i would do it, karena belum tentu juga saya akan dapet kesempatan yang sama 2 kali. Ada kepuasan tersendiri ketika berhasil mengalahkan ketakutan. Somehow, i like adrenaline rush sensation.

Tapi, keingintahuan saya juga termasuk akan hal-hal yang tergolong dalam area abu-abu. Rokok, clubbing, minuman alkohol, dsb. Keingintahuan saya cuma satu, apa sih rasanya, sampe orang-orang bisa kecanduan? I know, sangat bahaya rasa ingin tau seperti itu. Ga sedikit orang yang kecanduan berawal dari rasa ingin tau dan coba-coba. I know that very well, cuma tetep aja, rasa ingin tau itu masih ada.

Pacar saya sampe bilang, saya harusnya bersyukur masih dilindungi Tuhan, dan berkat doa orangtua saya, sampe saat ini saya dijauhkan dari hal-hal kaya gitu, jadi walo saya ingin coba sekalipun saya ga punya kesempatannya. Well, i think that's true. cuma karena Tuhan masih sayang sama saya aja saya dijauhkan dari hal-hal itu.

Satu hal lagi, ketika udah pernah nyoba, udah pernah tau rasanya, "rasa" itu lebih sulit dihilangkan daripada mereka yang ga pernah coba sama sekali. Bingung? Contoh, orang yang udah pernah pacaran (mungkin) akan merasa lebih kesepian dibanding orang yang belum pernah pacaran sama sekali. Karena orang yang udah pacaran tau rasanya ada pendamping, dan ketika pendamping itu udah ga ada, "rasa" itu akan lebih susah dihilangkan. Orang yang pernah minum-minum alkohol akan lebih sulit untuk berhenti dibanding orang yg ga pernah minum sama sekali. karena orang yang udah pernah, udah merasakan sensasi dan rasa yang ditimbulkan alkohol, sehingga lebih mudah untuk kecanduan.

So guys, (including myself), kalo kamu merasa ga kuat iman, dan belum punya pengendalian diri yang kuat, jangan coba-coba hal-hal yang bisa bikin kecanduan. Terlalu banyak orang yang akhirnya membuang-buang hidupnya, hanya karena diawali coba-coba, cuma karena iseng. Orang yang ga berniat macem-macem aja bisa kecanduan, gimana yang diniatin?

Ati-ati ya sama yang namanya "rasa ingin tahu" dan "kepo". Saya juga lagi belajar ini, memang ga gampang, tapi daripada ujung-ujungnya nyesel, mending ga pernah nyoba sama sekali. Buat apa tau rasanya, tau sensasinya, tapi pada akhirnya malah jadi kecanduan. Kalo ga pernah nyoba, ga ada ruginya juga kan?

3 comments:

Stephanie 'Takapipi' Gunawan said...

Deaa!! hmmm penasaran soal rokok, clubbing, n alkohol ya?? kalo rokok, dulu pas gw kecil gw pernah tu ngisep rokok bokap gw, tapi gak pake api. rasanya manis, ky permen. tapi kl yg pake api sih gw ga pernah coba. lagian rempong ah.. ngerokok = keluarin duit lagi buat bunuh diri sendiri. sori dori mori stroberi deh buat gw..

kl clubbing, coba aja pergi rame2 dea. buat gw, itu sih kaga enak yah. pertama, perginya malem2. krn gw pecinta tidur, gw merasa jauh lebih enak kl gw tidur. trus, di situ gelap2, remang2, n lagunya kenceng banget buat pd dugem. Ngedance gw kaga bisa, lagian jadi cape. Ngobrol, kaga bakal kedengeran. Oh, not fun..

kl alkohol, puji Tuhan, gw alergi! haha gw pernah minum orange juice pake vodka gitu. gileee badan gw semuanya merah2, termasuk muka gw. gatel banget lagi! aahh alkohol gak cocok ma gw. lagian mag gw ga tahan. ini ni yg namanya dijagain Tuhan spy gak bandel2. heheh gw ga tau ya lo alergi jg apa gak. tapi, biasanya kalo emang gak pernah minum, terus minum, biasanya badannya ga tahan, gak biasa. u never know until u try. ya pergi aja rame2, terus coba pesen 1 gelas. jgn kebanyakan. it's not cool utk mabok depan org banyak. dan, yg terpenting Tuhan Yesus gak suka sama pemabuk! However, alkohol itu mahal bo. jadi, kalo gw suruh keluar duit mahal2 cmn buat bikin badan gw alergi, ogah deh...

bowever, bener tuh kata cowo lo. be grateful krn lo dijauhkan dr hal2 itu. berarti Tuhan Yesus sayang banget sama lo sampe Dia jagain lo begitu rupa. :)

amadea said...

hehehe sbnrnya yg masih penasaran cuma clubbing gun, kalo rokok ga minat, tp emang pengen tau aja kenapa orang bisa sampe addicted, kalo minum alkohol udah beberapa kali, tp ga sampe mabok, jadi tinggal clubbing haha. cuma ya, masih dilema, antara ingin tau dan sebenernya ga perlu tau hahaha..

iya gun, makanya, karena berasa disayang sm Tuhan, takut jadi sok nantangin Tuhan kalo tetep nekat nyoba2 gitu hehe.

anw, thanks for sharing! Lo juga sangat disayang Tuhan tuh, sampe dibikin ga suka sama hal-hal itu hehehe..

Stephanie 'Takapipi' Gunawan said...

hehehe ya udah kalo berasa jadi nantangin Tuhan, mending jangan deh. nanti malah bikin Dia sedih lagi. .

iya, gw juga berasa nih disayang sm Babe. hehehe

Post a Comment