Wednesday, September 15, 2010

Riskan sih, tapi kayanya seru. Pilih mana?

Masih berhubungan sama postingan sebelumnya (bisa dibaca di sini), kali ini topiknya antara pengalaman,tantangan, dan excitement versus resiko dan logika, pilih yang mana? Do you dare to take the risk?

Jadi inget acara tv dulu, Fear Factor, dimana orang ditantang untuk melakukan hal-hal yang (sepertinya) ga logis. Tapi kalo dipikir-pikir lagi sih, fear factor masih aman, soalnya tantangan itu kan disiapkan secara profesional, dan mereka pasti udah memperhitungkan resiko beserta penanggulangannya. Tapi gimana dengan tantangan yang murni tantangan?

Waktu saya ke pulau Tidung akhir Juli yang lalu, disitu ada semacam "tantangan" (walo sebenernya sih ga ada yang nantangin juga), yaitu lompat dari jembatan yg ada disitu. Ketinggiannya sih katanya 4m, dari jembatan sampai ke permukaan laut. Dan "wahana" lompat dari jembatan itu sangat terkenal, sampe-sampe di logo atau brosur tour yang ngurusin trip ke tidung itu ada gambar orang loncat dari jembatan juga.

Sebenernya sih, nothing special dengan loncat dari jembatan itu. Jangan bayangkan bungee jumping, dimana ada alat pengaman berstandarisasi, dan tim pengawasnya. Yang di pulau tidung ini murni cuma ada jembatan, dan air laut. Dan orang yang terjun dari jembatan itu bener-bener terjun dari pinggir jembatan, tanpa pengaman apa-apa. Memang sih, kedalaman air di daerah tsb cukup dalam, dan ga ada batu-batu yang membahayakan, tapi tetep aja ga ada pengaman yang bisa bikin kita berasa aman.

Im not the risk taker type. But im kinda an adrenaline junkie. (haha berlawanan ya) Dalam hal-hal tertentu saya ga suka mengambil resiko, walaupun resikonya sekecil apapun. Tapi untuk urusan kaya gini, yang berhubungan sama adrenaline rush ini, entah kenapa saya cenderung nekat, rasa ingin tahu dan ego saya bisa mengalahkan ketakutan saya. Tapi secara otomatis saya pasti berpikir banyak sebelum memutuskan untuk loncat. Saya mikir semua kemungkinan yang ada, apa kemungkinan terburuk, dan kira-kira berapa persen kemungkinan saya selamat setelah loncat dari jembatan itu hahaha.

Dan akhirnya sayapun mutusin buat loncat. Kenapa? Pertama, karena mungkin aja itu cuma kesempatan sekali seumur hidup, karena saya belum berniat untuk ke pulau tidung lagi untuk kedua kalinya. Jadi, mumpung udah disana, setelah melewatkan sekian jam perjalanan yang melelahkan, kenapa ga sekalian dicoba aja. Toh ngeliat medan nya cukup aman, paling ga menurut logika saya. Dan toh orang-orang udah banyak yang coba dan mereka baik-baik aja. Kedua, karena teman-teman saya ada yang ingin loncat. Kalau udah kaya gitu, muncullah ego, dan rasa ga mau kalah itu hahaha. And here we go, ini dia fotonya. Sekalian buat yang belum pernah kesana jadi bisa ngebayangin lokasinya. (Courtesy to Kwok Albert)


Setelah loncat, ada rasa puas banget. Puas karena berhasil mengalahkan ketakutan, puas karena udah tau rasanya loncat dari jembatan, dan puas karena ga semua orang berani melakukan "tantangan" itu hahaha. (See, sangat bahaya sebenernya ketika ego udah mulai bermain).

Tapi, setelah balik ke Jakarta, dan setelah tau ada teman yang sukses sakit selama seminggu setelah pulang dari tidung (padahal dia ga loncat dr jembatan, lho), saya jadi mikir lagi. Sebenernya, loncat dari jembatan itu bisa bikin saya kenapa-kenapa. FYI, kuping saya agak sakit setelah loncat, mungkin karena tekanan, tapi thanks God rasa sakit itu cuma sebentar. Saya jadi baru terpikir kemungkinan-kemungkinan lain yang ga kepikir sebelumnya. Gimana kalo waktu mau loncat saya kepleset, jadi jatuh dalam posisi yang salah, atau terbentur pinggir jembatan? Gimana kalo posisi "mendarat" salah? Gimana kalo sakit di kuping itu berkepanjangan? Kan konyol banget ya, kalo sampe sakit ato luka-luka (apalagi luka dalam) cuma gara-gara loncat dari jembatan tidung. Saya jadi bersyukur banget, masih disayang dan dijagain sama Tuhan. Anything can happen in a split second.

Lanjut ke cerita yang kedua. Weekend kemaren saya pergi ke Curug Panjang, Megamendung, acara kebersamaan di gereja saya. Disitu kita dibagi menjadi beberapa kelompok dan ngelakuin river tracking, menyusuri jeram di sepanjang curug itu. Medannya cukup berat, karena kita melewati jeram yang berarus cukup deras, bahkan kadang melawan arus, dan di sepanjang jeram itu isinya batu-batu licin dan tajam. Memang sih kita pake live vest, dan ada ranger untuk masing-masing kelompok tracking. tapi menurut saya sih tetep aja bahaya, soalnya kalo sampe jatuh ato kepleset bisa kebentur batu-batu tajam itu. but again, thanks God, we're all okay.

Bukan river tracking nya yang saya ingin ceritain, tapi disitu lagi-lagi ada "tantangan" loncat, kali ini loncat dari batu-batuan setinggi kira-kira 2m, ke jeram berarus deras. Phew. Ternyata banyak ya orang-orang yang suka nyari tantangan aneh-aneh.

Seperti di Tidung, disini juga ga ada pengaman apa-apa untuk loncat. Malah lebih bahaya sebenernya, karena untuk bisa loncat, kita harus manjat bebatuan licin dan tajam itu, tanpa pegangan, tanpa pengaman, dan tanpa pengawas (kalo di tidung kan tinggal naik jembatan, gampang aksesnya).

Malam sebelumnya, teman saya cerita tentang orang yang loncat dari tempat seperti itu (saya agak lupa, dia loncat di curug panjang itu atau loncat dari tempat yang mirip-mirip kaya gitu), dan ternyata entah kenapa posisi mendaratnya salah, dan mukanya terbentur batu sehingga robek dan terbelah jadi dua. HIII...horor abis.. padahal orang-orang sbeelumnya yang loncat baik-baik aja. Gara-gara cerita temen saya itu, saya jadi mikir berulang-ulang buat loncat dari batu-batu itu.

Tapi pas keesokan harinya dan pas beneran tiba di lokasi, saya jadi kepengen lagi. Pengen tau rasanya, lagian, banyak orang juga yang nyobain loncat. Tapi sayangnya (atau untungnya), kelompok kita ga dikasih buat nyobain loncat, karena banyak kelompok lain yang menunggu di belakang kita. Padahal kelompok sebelum kita pada sibuk nyobain loncat. Agak kecewa sebenernya, tapi dalam hati cukup bersyukur karena paling ga saya ga perlu dilema untuk mutusin mau nyoba loncat ato ga. Saya cukup yakin sih, kalo kelompok saya dikasih kesempatan buat loncat, saya pasti termasuk orang-orang yg nekat mau nyoba loncat, walaupun saya tau kali ini resikonya cukup besar hahaha.

Dan ternyata resikonya memang cukup besar. Rombongan kelompok-kelompok terakhir akhirnya dikasih ijin sama panitia untuk loncat dari batu, dan ternyata, salah seorang dari mereka ada yang terpeleset ketika memanjat batu tersebut. Serem banget! Saya memang ga liat kejadiannya, tapi membayangkannya aja seram. Thanks God teman saya itu ga kenapa-kenapa, hanya kakinya saja yg terbentur batu dan terkilir, tapi di luar itu dia baik-baik saja. Duh, saya sih ga kebayang, kalo udah terpleset kaya gitu kan bisa kemungkinan terjadi macem-macem, bisa kena kepala, ato bagian-bagian tubuh lain yg bikin luka dalam. Dan untung juga dia paje live vest, jadi ga sampe keseret arus ke bawah. Bener-bener bersyukur deh dia ga kenapa-kenapa.

Buat yang ga kebayang lokasinya, ini dia fotonya. (Courtesy to Kompa GKI Gunsa)



Ketika tantangan dan excitement dihadapkan dengan resiko, mana yang dipilih? Memang, kalo terlalu takut ambil resiko, hidup jadi ga fun, kalo terlalu takut akhirnya malah ga pernah nyoba pengalaman baru dan seru. Orang bilang, justru yang menantang itu yang makin bikin exciting, dan tantangan itulah seninya. Makin menantang makin seru. Tapi apa iya? Namanya resiko kan bisa aja terjadi, sekecil apapun itu. Anything can happen in a split second. Do you dare to take the risk?

Well, saya juga selalu dilema kalo dihadapkan sama 2 hal ini. All i can say is, choose well. Pikirin baik-baik semua kemungkinan dan resiko yang ada, dan apakah pengalaman dan excitement yang didapat sebanding dengan resikonya. Keputusan di tangan anda, yang penting, jangan pernah menyesali apa yang telah diputuskan.

Live life to its fullest, just dont forget about its consequences.


4 comments:

Isyana said...

yg kebelah itu, di luar negeri kok de.
btw foto tebing curug panjangnya, itu foto gw loh sama benny di atas batu. hahahahahaha

Live. Love. Laugh said...

astaga,de..lo berani jg yah...hahaha
Muka imut tp gahar jg ternyata...

Bubble-pinkz said...

gua juga tadinya berniat buat loncat... tapi gara2 diceritain ricky tentang yg loncat terus muka kebelah gitu..... ga jadi... hahahahahaha... apalagi waktu ngeliat naiknya uda susah payah... mana dingin pula... hahahaha...

amadea said...

@mel : hahaha lo memang terlihat sangat kedinginan mel waktu itu hehe. emang tuh, serem ya ngebayangin yg mukanya kebelah..hiii..

@ellys : iya lis, gw suka banget kaya gitu2, merasa pengen menaklukan ketakutan gw hahaha

@dina : iya ya? lo ngeh aja lagi hahaha..

Post a Comment