Thursday, April 28, 2011

#Misi21 - Day 10 -'Love removes effort'


Baru hari ke-10 nih, udah mulai pada bosen belom bacanya? Saya aja udah mulai bosen *kaya banyak yang baca aja haha. 

Sekedar mereview dikit, #misi21 adalah sebuah misi yang digagas oleh Rene Suhardono (@reneCC) dalam rangka pencarian passion. Dan tambahan goal pribadi, selain mencari passion hopefully saya juga bisa lebih mengenal diri sendiri dan potensi-potensi yang saya punya, to make my life more exciting and meaningful. Selengkapnya bisa dibaca disini.

Sejauh ini udah 10 hari berlangsung misinya, dan udah sekali gagal (ohiya, saya masih punya utang di misi ke-7!). Ga gampang ternyata untuk melakukan hal baru setiap hari secara konstan; soalnya konsistensi itu sendiri yang sulit buat saya pribadi. Yang ada tiap hari saya mikir mau ngelakuin apa yang baru hari ini dan kadang ga nemu apa yang bisa saya lakuin yang beda dari sebelum-sebelumnya. Tapi sejak jalanin #misi21 ini somehow saya merasa hidup saya lebih seru sih, karena ada hal-hal baru yang saya lakuin, jadi ga boring dan monoton. Makin seru misi saya hari itu, makin semangat saya jalanin hari itu. And hey, that's a good thing, right!

Review dari goal pribadi, tujuan awal saya terutama finding my passion in job and career, saya ga mau stuck di kerjaan kalo saya ga suka dan ga enjoy ngerjainnya. That's why i desperately need to know what my passion is. And so far, i still am not sure about what my passion is, tapi mulai 'terbuka' sih sedikit gambaran tentang hal yang saya suka dan mungkin bisa saya jadikan mata pencaharian di masa depannya. Saya emang ga mengejar karir, toh nanti abis married juga saya akan jadiin keluarga sebagai prioritas, but on the other hand saya tetep mau punya kerjaan sebagai aktualisasi diri saya sekaligus bantu-bantu perekonomian keluarga. Kan kalo udah tau susahnya cari duit ga akan segampang itu ngeluarinnya juga, ya ga hahaha. 

Yah semoga deh makin lama Tuhan makin membukakan apa yang Dia mau dalam hidup saya. Please help me, Lord. I truly depend on You, because i dont know anything about my future. But i do believe that my future is safe in Your hands.

Okay, balik ke soal #misi21, jadi misi ke-10 saya adalah 


Updating my portfolio and CV

source : getty image

Saya itu paling malas disuru bikin portfolio, kalo cv masih mending deh effortnya ga terlalu gede, tapi kalo portfolio kan harus dipikirin bener-bener, harus foto-foto, edit-edit, belom bikin desain background dan nyusun-nyusunnya. Hehh..ribet! Makanya sejauh ini saya cuma pernah bikin portfolio 2x, yang pertama waktu apply magang, dan kedua waktu mau apply kerjaan di tempat sekarang. Dan selama ga butuh buat portfolio, saya bukan tipe yang bakal rajin-rajin update portfolio dan cv saya haha. 

Nah berhubung portfolio saya yang lama udah terlalu ketinggalan jaman (itu saya bikin di tahun 2009, berarti udah 2 tahun saya ga update kerjaan dan karya-karya saya), dan saya tau one day saya akan tetep butuh portfolio buat apply kerjaan baru, atau bahkan buat presentasi ke klien kalo one day saya punya bisnis sendiri, jadilah kemaren saya menyempatkan diri mengupdate portfolio saya. Dan kebetulan memang ada tawaran kerjaan dari temen saya yang mengharuskan saya mengupdate portfolio dan cv *ketauan deh alesan sebenernya hehehe. Jadilah semalam saya 'begadang' buat update portfolio saya. 

"Love removes effort "

Quotes ini saya dapet pas blogwalking di blog nya Angela. Dan menurut saya itu benar sekali. Dia kasih contoh, kalau kita sayang sama seseorang, kita bisa dengan willingly dan without complain melakukan banyak hal untuk orang itu. Dan i guess ini juga berlaku juga di kerjaan. Kalau emang enjoy ngelakuinnya, betapa banyakpun effort yang dikeluarkan, walau sampai begadang-ga tidur sekalipun, kalo emang passion nya disitu sih rasanya bakal seneng-seneng aja ya. Ngantuk sih pasti waktu abis begadang dan ga tidur, tapi kok rasanya rela-rela aja ya ngelakuinnya. Kepuasan setelah bisa menghasilkan karya itu rasanya luar biasa, lho. Gini-gini saya juga pernah ngalamin momen-momen itu. *dulu, waktu masih kuliah haha. 

Dan sebaliknya, kalo emang ga suka, kalo emang ga enjoy, effort sekecil apapun yang dikeluarkan akan terasa berat. Jangankan begadang sampe ga tidur, lembur 1-2 jam aja bisa tersiksa banget. Nah kalau udah kaya gini mungkin perlu dipikir ulang, Do i really enjoy this job? Or do i really get what i want in this job with all the consequences? Maksud saya, ada juga orang-orang yang kerjanya setengah mati tapi ditahan-tahanin karena imbalan yang didapat juga sebanding. Tapi kalo udah ga suka, imbalan ga sepadan, dan ga ada yang dituju dengan bekerja disitu, apa lagi yang harus dipertahankan? Well, it's just my personal opinion ya. 

Balik ke soal portfolio, jujur males loh pada awalnya, susah bener buat mulainya. Dan apalagi saya ga suka desain portfolio saya yang lama, jadilah saya bikin desain baru. Tapi lama-lama saya enjoy bikinnya. Mungkin karena saya -entah kenapa- emang suka ngutak ngutik power point. Jadi ketika saya pada akhirnya bermain-main dengan si power point ini untuk bikin portfolio, saya jadi semangat dan senang nyelesain portfolio saya. Tapi kenapa ya saya udah lama ga ngerasain hal kaya gini di kerjaan saya? *curcol

Dan ini cover power point saya. 

Elemen-elemen background nya saya pinjam dari Shinta, freebies :p 

And that's a wrap for day 10

0 comments:

Post a Comment